TAHAPAN DAN STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL

Pemasaran internasional yang berhasil adalah adaptasi pada perbedaan-perbedaan lingkungan dari satu pasar ke yang lainnya. Adaptasi adalah sebuah usaha secara sadar di pihak pemasar internasional untuk mengantisipasi pengaruh dari berbagai faktor, baik asing maupun domestik, di luar kendali pada sebuah bauran pemasaran, dan kemudia menyesuiakan bauran pemasaran tersebut untuk meminimalkan pengaruhnya.

Self-Reference Criterion (SRC) & Ethnocentrism

Hambatan-Hambatan Utama :

Rintangan utama adalah keberhasilan pemasaran internasional adalah kriteria yang merujuk pada diri sendiri (SRC) dan etnosentrisme yang berhubungan dengannya.

SRC adalah suatu referensi secara tidak sadar kepada nilai-nilai kultural, pengalaman, dan pengetahuan diri sendiri sebagai dasar keputusan

Etnosentrisme adalah gagasan bahwa kultur atau perusahaan sendiri yang paling mengetahui bagaimana melakukan semua hal

Baik SRC maupun etnosentrisme menghalangi kemampuan untuk menilai sebuah pasar asing secara apa adanya

Reaksi kita sering berdasarkan pada arti, nilai, simbol dan perilaku yang relevan pada kultur kita sendiri yang biasanya berbeda dengan kultur asing

Dalam pemasaran Internasional, mengandalkan pada SRC seseorang akan menyebabkan kegagalan dalam program pemasaran

TAHAPAN DARI PELIBATAN PEMASARAN INTERNASIONAL

Secara umum, perusahaan yang akan memasuki pasar internasional dapat memilih salah satu tingkat pelibatan pemasaran dan komitmen yang siap dijalaninya, sebagai berikut:

  • Tanpa pamasaran asing lagsung
  • Pemasaran asing secara jarang
  • Pemasaran asing secara tereatur
  • Pemasaran Internasional
  • Pemasaran Global


 

TAHAPAN PEMASARAN INERNASIONAL

Tanpa pemasaran secara langsung

  • Produk masuk pasar asing dengan cara pemasaran tidak langsung

Pemasaran Asing secara jarang

  • Biasanya perusahaan akan memasarkan produknya ke luar negeri, jika persediaan melebihi permintaan pasar domestik. Prioritasnya adalah memenuhi kebutuhan pasar domestik

Pemasaran asing secara teratur

  • Perusahaan mempunyai kapasitas produksi permanen yang ditujukan untuk dipasarkan pada pasar asing

Pemasaran Internasional

  • Perusahaan ini cenderung melakukan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan luar negeri

Pemasaran Global

  • Pada tahap ini, perusahaan memperlakukan dunia, termasuk pasar negara asal mereka, sebagai satu pasar

Biasanya kantor pusat perusahaan dapat ditempatkan dimana saja di dunia ini tanpa dibatasi oleh batasan negara

Meninggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.